yupp.. that's MOTOCROSS..
Ada yang uda ngerti sejarah nya si kuda besi yang memiliki roda gerigi penggaruk tanah ini?.
nih sejarah singkatnya gan..
Motorcross pertama kali muncul pada ujicoba kompetisi pada "Auto-Cycle Clubs" pada tahun 1906 dan "Scottish Six Days Trial" pada tahun 1909.Awalnya Motorcross hanya memakai suspensi yang keras ditahun 1930 kemudian seiring usia di tahun 1950an mulai memakai suspensi belakang yang berayun, dalam beberapa tahun pada sebagian besar crosser hanya memiliki Motor Produksi lokal tetapi setelah Perang Dunia II mulai didominasi oleh BSA yang telah menjadi perusahaan sepeda motor terbesar di dunia, mulai saat itulah pengendara BSA mulai mendominasi kompetisi internasional sepanjang tahun 1940an. Pada tahun 1952, FIM salah satu badan internasional sepeda motor, membuat Kejuaraan Motorcross di Eropa Kelas 500 cc.
Pada akhir 1960-an, perusahaan sepeda motor Jepang mulai menantang pabrik-pabrik Eropa untuk supremasi di dunia motorcross. Suzuki memenangkan kejuaraan dunia pertamanya untuk 250 cc dengan pengendaranya yang bernama Joel Robert. Acara Motocross yang dilaksanakan di dalam sebuah Stadion diadakan pertama kali pada tahun 1972 di Loss Angeles Collieum.
Jenis mesin yang digunakan dalam motocross adalah mesin khusus atau biasa disebut SE (Special Engine). Disebut khusus karena memang mesin ini disetting sedemikian rupa untuk kompetisi motocross. Sebut aja setting akselarasi yang ganas untuk meloncati dan melalui gundukan tanah atau lumpur.
Selain setting khusus, mesin dalam motocross juga dibagi dalam beberapa cc, sesuai kompetisi yang diadakan. Mesin juga dibagi atas 2-tak dan 4-tak. Untuk mesin 4-tak, rata-rata memakai silinder tunggal, dilengkapi liquid cooled dan berkisar di 449cc.
naahh itu sedikit sejarah singkatnya..
ini beberapa jenis motor dari beberapa pabrikan yang mengusung mesin berbasis 4-tak.
1. YAMAHA YZ 450 FM
Displacement (cc): 449,7
Bore x Stroke (mm): 97/60,8
Rasio Kompresi: 12,5 : 1
Sistem Bahan Bakar: FI
Pengapian: Transistor Penuh
System Starter : Kaki
Sistem Pelumas: Kering
Kapasitas Minyak: 1.2 Liter
2. KAWASAKI KX 450F
Displacement (cc): 449
Bore x stroke : 96,0 x 62,1 mm
Rasio Kompresi: 12,5 : 1
Sistem Bahan Bakar: 43mm Keihin Throttle
Digital Pengapian: DC-CDI
Transmisi: 5 Kecepatan
Rake/Trail : 26,7 degree /4,6 in
3. HONDA CRF 450R
Bore dan stroke : 96mm dan 66,1 mm
Rasio Kompresi: 12,0 : 1
Valve Train : Unicam, 4 katup, intake 36mm, knalpot titanium 30mm, Baja
Induksi: Programmed Fuel Injection (PGM- FI),46mm Throttle body
Pengapian: Kendali Transistor dengan elektronik
Drive Train
Transmisi: Close ratio , 5 kecepatan
Final Drive : 520 chain, 13T48T
4. SUZUKI RM Z450
Lebar keseluruhan: 830 mm (32,7 inci)
Wheelbase : 1.495 mm (58,9 inci)
Ground Clearance : 325 mm (12,8 inci)
Tinggi loka duduk: 955 mm (37,6)
Trotoar Berat: 112,5 Kg (248,0)
Mesin: 4 stroke , Liquid cooler , DOHC
dengan semakin berkembangan teknologi berkembang pula segala teknologi yang berada dalam para kuda besi spesialis penggaruk tanah ini..
sumber : tulisan : http://www.danmogot.com
gambar : www.google.com
No comments:
Post a Comment